SKRIPSI

File Icon

PENGARUH SERVICESCAPE DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MUFIDAH TERMINAL PRINT DI GORONTALO

Tanggal Upload: 03/06/2025

Penulis / NIM:
MEGAWATI / E2117041

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2021

Kata Kunci:
servicescape, responsiveness, kepuasan pelanggan

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh servicescape (X1) dan responsiveness (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Mufidah Terminal Print di Gorontalo. Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data dengan instrumen utama berupa observasi dan kuisioner. Hasil pengujian pertama menunjukkan bahwa variabel servicescape (X1) dan Responsiveness (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), yaitu sebesar 0,894 atau 89,4%. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa servicescape (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Mufidah Terminal Print sebesar 0,790 atau 79,0 %. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa responsiveness tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (X2) pada Mufidah Terminal Print di Gorontalo, yakni 0,166 atau 16,6%.
Berkas Lampiran
Unduh File