PENGARUH SERVICESCAPE DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MUFIDAH TERMINAL PRINT DI GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
MEGAWATI / E2117041
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
servicescape, responsiveness, kepuasan pelanggan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh servicescape (X1) dan responsiveness (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Mufidah Terminal Print di Gorontalo. Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data dengan instrumen utama berupa observasi dan kuisioner. Hasil pengujian pertama menunjukkan bahwa variabel servicescape (X1) dan Responsiveness (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), yaitu sebesar 0,894 atau 89,4%. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa servicescape (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Mufidah Terminal Print sebesar 0,790 atau 79,0 %. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa responsiveness tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (X2) pada Mufidah Terminal Print di Gorontalo, yakni 0,166 atau 16,6%.