SKRIPSI

File Icon

MARJIN PEMASARAN CABAI RAWIT DI DESA AYUHULALO KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO

Tanggal Upload: 01/06/2025

Penulis / NIM:
RAHMAT TULA / P2217072

Program Studi:
S1 Agribisnis

Tahun Akademik:
2021

Kata Kunci:
cabai rawit, marjin, saluran.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan marjin pemasaran cabai rawit di Desa Ayuhulalo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode Penelitian menggunakan analisis kualitatif dengan penentuan responden penelitian yaitu petani/produsen dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran dan Pengambilan responden dilakukan dengan metode bola salju (snow ball sampling). Hasil penelitian menjelaskan saluran pemasaran cabai rawit yang ada di Desa Ayuhulalo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo terdiri dari 3 (tiga) tipe saluran yaitu: a) Saluran 1: Produsen → Pedagang pengumpul → Konsumen, b) Saluran 2: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang pengecer → Konsumen, dan c) Saluran 3: Produsen → Pedagang pengecer. Marjin pemasaran menjelaskan bahwa Saluran 1 merupakan saluran pemasaran cabai rawit yang paling efisien di Desa Ayuhulalo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo yakni sebesar Rp 5.000/kg.
Berkas Lampiran
Unduh File