Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
RAMLAN YUSUF / S2119038
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kompetensi pegawai, kualitas pelayanan publik
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi pegawai (X) terhadap kualitas pelayanan publik (Y) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 0,523 (52,3%). Hal ini berarti bahwa kompetensi aparatur pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara belum cukup maksimal dalam memberikan pengaruh pada kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.