PENGARUH PENGAWASAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN GORONTALO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
DJUNAIDI NGABITO / E2114132
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
pengawasan kerja, kompetensi, kualitas pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pengawasan kerja (X1) dan kompetensi (X2) terhadap kualitas pelayanan (Y) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakanan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Penentuan populasi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Sensus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, waancara, kuesioner dan sokumentasi, dan Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis).Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel pengawasan kerja (X1) dan kompetensi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontalo. yaitu sebesar 0,392 atau 39,2%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwapengawasan kerja (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontaloyakni sebesar0.362 atau 36,2%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa kompetensi (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontalo yakni sebesar 0.340 atau 34,0%.