PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN KEMASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ALFAMART KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
SELVI PATILIMA / E2117221
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
keragaman produk, kemasan produk, keputusan pembelian produk
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian produk pada Alfamart Kota Gorontalo baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menganalisis fenomena melalui pengumpulan data pokok, yaitu melalui daftar pernyataan/pertanyaan yang diuji melalui uji validitas dan realibilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analisis) dengan terlebih dahulu melakukan konversi data skala ordinal ke skala interval. Objek dalam penelitian ini adalah keragaman produk, kemasan produk, dan keputusan pembelian produk. Hasil hipotesis pertama menunjukan bahwa keragaman produk (X1), dan kemasan produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada Alfamart Kota Gorontalo sebasar 75,4%. Sedangkan 24,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model penelitian. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa keragaman produk (X1) dan kemasan produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada Alfamart Kota Gorontalo variabel keragaman produk (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk (Y) sebesar 39,4%. Kemasan produk (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk (Y) sebesar 62,9%.