PENGARUH AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KELURAHAN PULUBALA KECAMATAN KOTA TENGAH GORONTALO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
NABILA SALSA MAHIEU / S2120002
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
akuntabilitas, pelayanan publik, kepuasan masyarakat
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh akuntabilitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Pulubala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aLaLkukuntalbilititals pelalalyalnalanalaln publik memiliki pengaruh tererhalaldalp alp alp kepualalsalaln malalsyalrlralklkalt di Kalalntor Luralh Puluballalalal al Kecalmalaltaln Kotal al Tengalalh sebesar 0,707 atau 70,7%. Hasil ini berarti bahwa pengaruh akuntabilitas pelayanan publik (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y) adalah sebesar 0,707 atau 70.7%, dan sisanya sebesar 0,293 (29,3%) berasal dari variabel lain di luar penelitian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa biaya pelayanan dipungut masih kurang sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan yang telah ditetapkan. Di samping itu, pengaduan masyarakat yang terkait dengan penyimpangan biaya pelayanan publik, masih kurang ditangani oleh petugas yang ditunjuk berdasarkan surat penugasan dari pejabat yang berwenang.