PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETINGDANCITRA DESTINASI TERHADAP MINATBERKUNJUNG PADAPANTAI PESONA TANJUNG TIHU KABUPATEN BONE BOLANGO
Tanggal Upload: 13/07/2025
Penulis / NIM:
FATMAWATY HUSAIN / E2121001
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
social media marketing, citra destinasi, minat berkunjung
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Social Media Marketing (X1) dan Citra Destinasi (X2) terhadap Minat Berkunjung (Y) di Pantai Pesona Tanjung Tihu Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakanan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Penentuan populasi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Survey. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara, kuesioner dan Dokumentasi, dan Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa Social Media Marketing (X1) dan Citra Destinasi (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Minat Berkunjung (Y) pada Pantai Pesona Tanjung Tihu Kabupaten Bone Bolango sebesar 0,524 atau 52,4%. Hasil pengujian kedua menunjukkan bahwa Social Media Marketing (X1) berpengaruh signifikan secara parsial Terhadap Minat Berkunjung (Y) pada Pantai Pesona Tanjung Tihu Kabupaten Bone Bolango sebesar 0.466 atau 46,6%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa Citra Destinasi (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Minat Berkunjung (Y) pada Pantai Pesona Tanjung Tihu Kabupaten Bone Bolanngo sebesar 0.553 atau 55,3%. sedangkan variabel diluar yang tidak masuk dalam penelitian sebesar 0,476 atau 47,6 %.