PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOSI TERHADAP IMPULSE BUYING PADA TOKO 3 SECOND GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
ASEP RACHMAT / E2118185
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Store Atmosphere, Promosi dan Impulse Buying
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Store Atmosphere dan Promosi terhadap Impulse Buying pada Toko 3 Second Gorontalo Gorontalo, baik secara simultan maupun secara parsial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa variabel Store Atmosphere (X1) dan Promosi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.527 (52.7%). Hasil perolehan untuk uji Fhitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 53.982 sedangkan Ftabel sebesar 3.090 dan probability sig 0,000 < alpha (α) = 0,05. Hipotesis kedua variabel Store Atmosphere (X1) terhadap Impulse Buying (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.000 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (8.313 > 1.661). Hipotesis ketiga variabel Promosi (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Impulse Buying (Y). Nilai probability alpha (α) (0.030 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.204 > 1.661).