SKRIPSI

File Icon

PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN MOTOR HONDA MENGGUNAKANMETODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus: PT. Daya Anugrah Mandiri)

Tanggal Upload: 04/06/2025

Penulis / NIM:
HENDRA KATILI / T3115091

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
data mining, strategi, penjualan, K-Means Clustering

Abstrak:

Data mining adalah teknik yang memanfaatkan data dalam jumlah yang besar untuk memperoleh informasi berharga yang sebelumnya tidak diketahui dan dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan penting. Pada penelitian ini, penulis berusaha menambang data (data mining) penjualan motor honda pada PT. Daya Anugrah Mandiri untuk Mengetahui cara menentukan strategi penjualan motor honda menggunakan metode k-means clustering. Dalam menentukan strategi penjualan motor honda adalah sulitnya mengetahui kecenderungan konsumen terhadap jenis motor yang ada pada PT. Daya Anugrah Mandiri yang di akibatkan oleh banyaknya jenis-jenis motor honda yang ada. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan adalah dengan mengimplementasikan salah satu metode dalam fungsi data mining, yaitu K-means Clustering. Dalam melakukan penentuan strategi penjualan kendaraan motor berdasarkan metode K-means Clustering ini dapat dilakukan dengan menganalisa pengelompokkan jenis kendaraan yang berpotensi dan juga yang tidak berpotensi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa dengan metode K-means Clustering untuk memetakan wilayah potensial terhadap penjualan sepeda motor berdasarkan data penjualan yang di dapatkan pada PT. Daya Anugrah Mandiri dengan menjadi 2 cluster, yaitu cluster C0 untuk wilayah kurang berpotensi dan Cluster C1 untuk wilayah yang berpotensi.
Berkas Lampiran
Unduh File