IMPLEMENTASI AUGEMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ORGAN DALAM TUBUH MANUSIA DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING
Tanggal Upload: 01/09/2024
Penulis / NIM:
SYARIFUDIN ANGGOWA / T3118067
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Dalam aplikasi organ dalam tubuh manusia ini dibutuhkan suatu pembelajaran sehingga aplikasi ini dapat meningkatkan pengetahuan mereka. Salah satu contohnya adalah bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap aplikasi organ dalam tubuh manusia. Dalam pembuatan aplikasi ini, penulis menggunakan unity3D, dengan menerapkan metode Marker Based Tracking. Metode marker digunakan untuk mendeteksi marker pada aplikasi Augmented Reality sehingga dapat menampilkan visualisasi 3D organ-organ dalam tubuh manusia. Aplikasi ini dapat dijalankan pada hp android versi 6.0 (Marshmallow) dan di atasnya. Manfaat yang diperoleh dari pembuatan aplikasi ini yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap organ-organdalam tubuh yang ada pada manusia dan dapat memberikan masukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya untuk media pembelajan dengan melakukan perkembangan teknologi Augmented Reality berbasis android.