SKRIPSI

File Icon

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME EDUKASI PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS

Tanggal Upload: 03/09/2024

Penulis / NIM:
MOH. ALIF FIKRI / T3119026

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:

Abstrak:

Rambu lalu lintas merupakan salah satu perlengkapan jalan yang penting untuk keselamatan pengguna jalan. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami arti dan fungsi rambu lalu lintas. Game edukasi simulasi rambu lalu lintas dapat menjadi salah satu media yang efektif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang rambu lalu lintas. Penerapan metode finite state machine (FSM) pada game edukasi simulasi rambu lalu lintas dapat membantu untuk membuat game yang lebih interaktif dan menarik. FSM dapat digunakan untuk mengatur perilaku objek-objek dalam game, seperti gerakan kendaraan, tampilan rambu lalulintas, dan interaksi antara pemain dengan objek-objek tersebut.menyenangkan. Game yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari 2 level, yaitu level pengenalan dan level permainan. Pada level pengenalan, pemain akan mempelajari arti dan fungsi rambu lalu lintas. Pada level permainan, pemain akan mengendarai kendaraan di jalan raya dan harus mematuhi rambu lalu lintas yang ada. Berdasarkan hasil pengujian black box testing menunjukkan bahwa fitur-fitur yangterdapat dalam Game Simulasi Edukasi Rambu Lalu Lintas dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa adanya error yang terjadi. sedangkan user acceptance testing menunjukkan bahwa game yang telah dirancang dapat diterima oleh mahasiswa dengan total nilai 84.84?ngan kategori Sangat Layak.
Berkas Lampiran
Unduh File