ANALISIS KINERJA APARATUR PEMERINTAH DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT DUHIADAA KABUPATEN POHUWATO.
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
LISNA MAKUTA / S2117172
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kinerja aparatur, pelayanan publik
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagiamana Kinerja Aparatur pemerintah dalam memberikan Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Duhiadaa Kabupaten Pohuwato, serta Untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang mempengaruhi Kinerja Aparatur pemerintah dalam memberikan Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Duhiadaa Kabupaten Pohuwato.Metode dalam penelitian ini adalah analisis analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan angka-angka dan kata-kata atau kalimat dan gambar dengan memakai sampel dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan Aparatur Kantor Camat Duhiadaa yang berjumlah 22 orang. teknik penarikan sampel di dengan menggunakan sampling jenuh, yakni semua anggota populasi di jadikan sampel. Responden yang di jadikan sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dimensi Efektifitas menunjukan bahwa sebagian besar pegawai telah memahami tugas pokok dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun dalam hal penyelesaian pekerjaan pegawai masih belum tepat waktu, hal ini disebabkan masih terdapatnya pegawai yang sering menunda-nunda pekerjaan atau pelayanan belum dapat diberikan secara tepat dengan alasan pimpinan atau pejabat yang berwenang tidak berada ditempat dalam memberikan legalitas pelayanan. Dimensi efisiensi menunjukan bahwa sebagian besar pegawai dapat mengelola anggaran biaya secara efisien mengingat semua bentuk penggunaan anggaran harus dipertanggungjawabkan sehingga para pegawai memiliki kehati- hatian dalam mengelolanya. Selain itu aparatur yang ada dikantor camat telah menggunakan dan memanfaatkan semua fasilitas serta sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, meskipun fasiltas atau sarana dan prasarana kantor masih dianggap kurang memadai. Dimensi cepat tanggap menunjukan bahwa sebagian besar pegawai di kantor camat duhiadaa sering membuka ruang dan menerima segala kritikan, masukan dan saran yang disampaikan oleh masyarakat terkait dengan pelayanan publik.