BIAYA TRANSAKSI DAN PARTISIPASI PETANI PADA PEMASARAN JAGUNG DI DESA ILOMATA KECAMATAN ATINGGOLA
Tanggal Upload: 13/07/2025
Penulis / NIM:
RONI SUPU / P2218014
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
Biaya transaksi, partisipasi, pemasaran jagung
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisdanmengidentifikasi biaya-biaya transaksi dalam pemasaran jagung di Desa Ilomata Kecamatan Atinggolaserta untuk mengetahui partisipasi petani pada pemasaran jagung di Desa Ilomata Kecamatan Atinggola.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif untuk biaya transaksi dengan menyajikan data pada tabel yang memuat nilai mean (rata-rata), dan standar deviasi.Hasil penelitian menujukkanbahwa jenis biaya transaksi dalam pemasaran jagung meliputi waktu yang dihabiskan untuk mencari informasi harga, harga terakhir yang diterima oleh rumah tangga petani jagung, lamanya waktu transaksi, lama pembayaran dari pembeli/tengkulak, lama budidaya jagung, dan pendapatan terakhir panen. Partisipasi petani dalam pemasaran jagung terlihat pada pemilihan saluran pemasaran dimana saluran pemasaran I lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran II. Total margin saluran I sebesar Rp 500/kg, sedangkan saluran II Rp 2.000/kg.