KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN E_KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BOALEMO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
ZEIN DODU / S2116085
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan e-KTP
Abstrak:
Pelayanan public merupakan pelayanan yang menjadi tanggungjawab pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan public dibidang Kependudukan dan Catatan Sipil mencakup pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, dan Penggantian Akta Rusak. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, Untuk mengetahui kualitas pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Boalemo. Kedua, Untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan e- KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Boalemo. Dan untuk merealisasikan tujuan penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap para informan yang menjadi pemberi pelayanan e-KTP dan penerima pelayanan e-KTP. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa secara umum kualitas pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Boalemo sudah cukup baik, walaupun masih ada beberapa indicator yang belum maksimal dalam pelaksanaannya yang disebabkan oleh; ketepatan waktu pelayanan, kemudahan dalam pengajuan permohonan, serta kelengkapan administrasi. Sedangkan factor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan e- KTP, yaitu; struktur organisasi, kemampuan aparat dan system pelayanan. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka dapat direkomendasikan: Pertama, Upaya untuk mempercepat proses pelayanan e-KTP dangan meminimalisir masalah-masalah teknis. Kedua, Upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran akan bentuk pemberian pelayanan yang lebih baik.