SKRIPSI

File Icon

PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CLUSTERING PENJUALAN KENDARAAN MOTOR HONDA (Studi Kasus PT. Daya Motor Honda Kota Gorontalo)

Tanggal Upload: 01/09/2024

Penulis / NIM:
ASWAR KURNIAWAN MAMONTO / T3113017

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2017

Kata Kunci:

Abstrak:

Penjualan merupakan suatu usaha untuk mengembangkan rencana-rencana yang tepat dan suatu usaha untuk memenuhi keinginan pembeli, kebutuhan pembeli dan mendapatkan keuntungan dari penjualan. PT. Daya Motor Honda merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kendaraan. Dalam operasionalnya pihak perusahaan mendata konsumen yang memesan kendaraan yang disediakan dan menyimpan data transaksi penjualan. Penumpukan data transaksi penjualan tersebut secara menerus dalam database penjualan dapat menghasilkan informasi penting sebagai gambaran pengambilan keputusan guna meningkatkan penjualan. Masalah tersebut dapat diselesaikan metode clustering dengan algoritma K-Means. Hasil penelitian berdasarkan pengujian Davies Bouldin Index, dengan K=2 diperoleh nilai error sebesar 0.026, merupakan nilai yang cukup kecil. Dengan demikian, penerapan K-Means untuk klusterisasi penjualan motor Honda menghasilkan kerapatan pengelompokkan data yang cukup baik. Sedangkan sistemnya dinyatakan telah memenuhi syarat logika pemrograman dan tidak kompleks, di mana CC=V(G) = 17 dan telah bebas dari berbagai kesalahan komponen sistem. Dengan demikian, Sistem Klusterisasi Penjualan Motor Honda Menggunakan K-Means yang efisien.
Berkas Lampiran
Unduh File