SKRIPSI

File Icon

GAME PEMBELAJARAN BACAAN AL QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIROSA

Tanggal Upload: 03/09/2024

Penulis / NIM:
HARDIYANTO ABUSAMA / T3119007

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:

Abstrak:

Dalam penelitian ini, bertujuan untuk: a) menguji tingkat kepraktisan mediapembelajaran baca Al-Quran dengan metode dirosa berbasis Android berbantuan SmartApps Creator menurut mahasiswa pengguna; dan c) menguji tingkat efektivitas media pembelajaran matematika berbasis Android berbantuan SmartApps Creator terhadap peningkatan kemampuan penguasaaan pemecahan masalah kesulitan membaca Al-Quran mahasiswa pengguna. Subjek dari penelitian iniadalah untuk mengumpulkan informasi dan pengetahuan dari kehidupan nyata hingga penyelesaian permasalahan praktis yang ada diekspresikan dalam bentuk laporan di masyarakat dan uraian pelaksanaan metode pembelajaran Dirosa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an generasi muda. Penelitian inimenggunakan metode penelitian eksperimen, untuk menguji pengaruh permainan terhadap pembelajaran baca Al-Quran. Uji kepraktisan oleh mahasiswa pengguna media pembelajaran diperoleh bahwa media pembelajaran baca Al- quran dengan metode dirosa berbasis android berbantuan Smart Apps Creator termasuk dalamkriteria sangat praktis. Adapun uji efektivas produk yang dikembangkan diperoleh bahwa media pembelajaran baca Al-Quran dengan metode dirosa berbasis android berbantuan Smart Apps Creator efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kesulitan membaca Al-Quran.
Berkas Lampiran
Unduh File