PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) BOLAANG MONGONDOW UTARA
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
FERIYANTO ADAM / S2118051
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Pengaruh Fungsi Kepemimpinan, Terhadap Pelayanan Publik
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsi kepemimpinan
terhadap kualitas pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil
(DISDUKCAPIL) bolaang mongondow utara. Metode yang digunakan adalah
metode kuantitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan kepala dinas
kependudukan dan pencatatan sipil (DISDUKCAPIL) sudah baik dalam membuat
pegawainya bekerja dalam memberikan pelayanan. Hal ini berarti pemimpin atau
kepala dinas mampu mengarahkan bawahannya untuk memiliki semangat agar
dalam menghasilkan pelayanan yang diinginkan. Masalah kualitas pelayanan
tidak akan pernah terlepas dari sebuah kerja profesional, sehingga untuk
menghasilkan kualitas kerja yang memuaskan maka perlu arahan dan bimbingan
dari seorang pemimpin. Seorang pemimpin perlu memiliki fungsi kepemimpinan
dimana yang bersangkutan harus selalu memikirkan bagaimana menjalankan dan
mewujudkan kelompok kerja yang efektif.
Untuk itu disarankan : 1) Kepada pimpinan; sudah seharusnya pimpinan
kantor Disdukcapil Bolaang Mongondow Utara lebih meperhatikan pelayanan
dari setiap pegawainya, karena setiap pelayanan yang dilakukan oleh pegawai
entah baik dan buruknya sebuah pelayanan yang diberikan merupakan fungsi
kepemimpinan dasar dari dalam diri sumber daya manusia atau pegawaitersebut
2) Kepada peniliti lain; disarankan agar perlu menambah variabel lain selain
variabel fungsi kempemimpinan dalam menilai pelayanan, dikarenakan dalam
mengukur tingkat kualitas pelayanan bukan hanya dinilai dari fungsi
kepemimpinan yang tersedia ataupun pendidikan pegawai tersebut melainkan dari
sudut pandang lain atau variabellainnya. 3) Kepada kantor Dinas; sebaiknya
kualitas pelayanan dapat terus dipertahankan dan apabila dinilai masih rendah,
maka perlu untuk ditingkatkan lagi sehingga kualitas pelayanan di kantor
Disdukcapil Bolaang Mongondow Utara akan semakin baiklagi.