SKRIPSI

File Icon

PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) BOLAANG MONGONDOW UTARA

Tanggal Upload: 04/06/2025

Penulis / NIM:
FERIYANTO ADAM / S2118051

Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
Pengaruh Fungsi Kepemimpinan, Terhadap Pelayanan Publik

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsi kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil (DISDUKCAPIL) bolaang mongondow utara. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil (DISDUKCAPIL) sudah baik dalam membuat pegawainya bekerja dalam memberikan pelayanan. Hal ini berarti pemimpin atau kepala dinas mampu mengarahkan bawahannya untuk memiliki semangat agar dalam menghasilkan pelayanan yang diinginkan. Masalah kualitas pelayanan tidak akan pernah terlepas dari sebuah kerja profesional, sehingga untuk menghasilkan kualitas kerja yang memuaskan maka perlu arahan dan bimbingan dari seorang pemimpin. Seorang pemimpin perlu memiliki fungsi kepemimpinan dimana yang bersangkutan harus selalu memikirkan bagaimana menjalankan dan mewujudkan kelompok kerja yang efektif. Untuk itu disarankan : 1) Kepada pimpinan; sudah seharusnya pimpinan kantor Disdukcapil Bolaang Mongondow Utara lebih meperhatikan pelayanan dari setiap pegawainya, karena setiap pelayanan yang dilakukan oleh pegawai entah baik dan buruknya sebuah pelayanan yang diberikan merupakan fungsi kepemimpinan dasar dari dalam diri sumber daya manusia atau pegawaitersebut 2) Kepada peniliti lain; disarankan agar perlu menambah variabel lain selain variabel fungsi kempemimpinan dalam menilai pelayanan, dikarenakan dalam mengukur tingkat kualitas pelayanan bukan hanya dinilai dari fungsi kepemimpinan yang tersedia ataupun pendidikan pegawai tersebut melainkan dari sudut pandang lain atau variabellainnya. 3) Kepada kantor Dinas; sebaiknya kualitas pelayanan dapat terus dipertahankan dan apabila dinilai masih rendah, maka perlu untuk ditingkatkan lagi sehingga kualitas pelayanan di kantor Disdukcapil Bolaang Mongondow Utara akan semakin baiklagi.
Berkas Lampiran
Unduh File