Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
ALGIAN MURSALI / S2118023
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
pelayanan publik, kepuasan masyarakat
Abstrak:
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat pada kantor kecamatan Atinggola.Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian ini metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan metode random samplingdengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Atinggola. Hal itu dapat diperoleh dari hasil perhitungan R Square yang menunjukkan nilai sebesar, 0,719 atau 71,9%. Jika nilai itu diinterpretasikan ke dalam kriteria keeratan pengaruh pengaruh variabel X terhadap Y, dapat dikatakan bahwa pengaruhnya berada pada kategori tinggi.