PENGARUH POSITIONING PRODUK DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR YAMAHA N-MAX PADA PT. HASJRAT ABADI CABANG TELAGA GORONTALO
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
SINTA NUR MALIMBUO / E2117168
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
positioning produk, diferensiasi produk, kepuasan konsumen
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui besarnya pengaruh pengaruh positioning produk (X1) dan diferensiasi produk (X2) secara simultan terhadap kepuasan konsumen (Y) sepeda motor Yamaha N-Max pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Telaga Gorontalo, 2) untuk mengetahui positioning produk (X1) secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) sepeda motor Yamaha N-Max pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Telaga Gorontalo, dan 3) untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk (X2) secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) sepeda motor Yamaha N-Max pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Telaga Gorontalo. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel positioning produk (X1) dan diferensiasi produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) sepeda motor Yamaha N-Max pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Telaga Gorontalo sebesar 0.896 atau 89,6%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa positioning produk (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) sepeda motor Yamaha N-Max pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Telaga Gorontalo sebesar 0.580 atau 58,0%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) sepeda motor Yamaha N-Max pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Telaga Gorontalo sebesar 0.422 atau 42,2%.