PENGARUH PSIKOLOGIS KONSUMEN DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN PADANG DI KECAMATAN MARISA KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
TRIANI / E2119255
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
psikologis konsumen, diferensiasi produk, loyalitas pelangga
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikologis konsumen dan diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan Padang. Metode pengumpulan ada melalui kuesioner dengan sampel sebesar 50 responden terdiri dari para pelanggan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial psikologis konsumen menunjukan nilai sebesar 4,058 dengan nilai signifikan 0,00. Begitu pula dengan diferensiasi produk menunjukan nilainya sebesar 4,496 dengan nilai signifikan 0,00. Adapun secara simultan psikologis konsumen dan diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 19,788 dengan nilai signifikan 0,00 dan pengaruhnya hanya sebesar 45, 70% terhadap naiknya tingkat loyalitas pelanggan dan sisanya sebesar 54,30% dipengaruhi oleh faktor lain.