SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PELANGGAN PENJUALAN PRODUK SOSRO MENGGUNAKAN AHP (ANALITICAL HIERARCHY PROSES) (Studi Kasus Pada PT. Sinar Sosro cabang Gorontalo)
Tanggal Upload: 01/09/2024
Penulis / NIM:
MUTMAINA S. EKI / T3113150
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Teh Botol Sosro sebagai perusahaan yang mempelopori minuman teh dalam botol, PT. Sinar Sosro telah berhasil mengarahkan konsumen pasar agar mengkonsumsi Teh Botol Sosro dan membuat teh dalam kemasan diterima dengan baik dan positif di pasar Indonesia .Untuk memperluas pemasaran terdapat kendala yang didapati. Kendala tersebut antara lain yaitu proses masih membutuhkan waktu yang lama dalam penyeleksian dan pemilihan pelanggan belum sepenuhnya benar karena belum adanya sistem yang memadai. Untuk itu, maka dibutuhkan sebuah sistem penentuan tempat penjualan untuk menjadi pelanggan penjualan produk sosro sehingga mempermudah proses penjualan produk sosro. Sistem yang dapat membantu hal tersebut adalah sistem pendukung keputusan dan menerapkan sistem pendukung keputusan dalam penentuan agen produk sosro. SPK ini menampilkan hasil perengkingan, sehingga mempermudah PT Sinar Sosro Cabang Gorontalo dalam proses penentuan pelanggan produk sosro.Sedangkan untuk mempermudah penentuan digunakan metode AHP. Penggunaan metode AHP ini diharapkan penilaiannya akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan oleh pihak PT Sinar Sosro cabang Gorontalo.Berdasarkan hasil penelitian sistem pendukung keputusan yang sudah dibuat dapat membantu pihak pengambil keputusan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian yang dilakukan dengan metode white box testing dan basis path testing sesuai sehingga telah terpenuhi dan hasil sesuai rancangan.