SKRIPSI

File Icon

ANALISIS SENTIMEN OBJEK WISATA DI KABUPATEN BANGGAI LAUT MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Tanggal Upload: 30/05/2025

Penulis / NIM:
FATMAWATI / T3120013

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2024

Kata Kunci:
analisis sentimen, objek wisata, Naïve Bayes

Abstrak:

Objek wisata adalah tempat yang dikunjungi karena keindahannya, tempat di mana aktivitas pariwisata dilakukan, tempat untuk bersenang-senang dalam waktu yang cukup lama demi mencapai kepuasan, menikmati pelayanan yang baik, dan membawa pulang kenangan indah dari tempat wisata tersebut. Di Kabupaten Banggai Laut, terdapat banyak objek wisata yang sangat menarik untuk aktivitas pariwisata, sehingga jumlah pengunjungnya meningkat setiap tahunnya. Pembahasan mengenai objek wisata Kabupaten Banggai Laut sangat menarik perhatian masyarakat setempat, sehingga banyak sekali komentar-komentar masyarakat mengenai objek wisata yang ada di Banggai Laut sendiri. Banyaknya opini mengenai objek wisata yang ada di Banggai Laut ini membuat adanya kesulitan dalam menentukan sentimen dari komentar-komentar secara manual. Oleh karena itu, diperlukan analisis sentimen yang dapat mengklasifikasi komentar tersebut apakah cenderung bersifat positif atau negatif. Dalam hal ini, penulis menggunakan algoritma Naïve Bayes untuk mengklasifikasi permasalahan tersebut. Berdasarkan analisis sentimen yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa metode atau algoritma Naïve Bayes ini mampu mengklasifikasi komentar dengan hasil yang baik. Adapun akurasi yang dihasilkan pada analisis sentimen ini adalah sebesar 87?ngan pembagian data latih sebesar 90?n data uji sebesar 10%. Dengan perolehan hasil akurasi tersebut, maka dapat dikatakan bahwa algoritma yang diusulkan ini memiliki tingkat diagnostik yang cukup baik.
Berkas Lampiran
Unduh File