SKRIPSI

File Icon

Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Kelayakan Pelanggan Dalam Promosi Pemasaran Produk

Tanggal Upload: 03/06/2025

Penulis / NIM:
VICKRAN DJAKATARA / T3114178

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2020

Kata Kunci:
Naìˆve Bayes, PHP, Prediksi Pelanggan

Abstrak:

Persaingan Bisnis yang berbeda di Indonesia menunjukkan upaya Pelaku Bisnis yang berbeda untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan dengan strategi pemasaran yang berbeda. Dengan menggunakan teknologi canggih, Pelaku Bisnis dapat menggunakan alat komunikasi jarak jauh seperti telepon atau media elektronik lainnya. Strategi pemasaran ini dilakukan Pelaku Bisnis dengan tujuan menawarkan produknya kepada pelanggan melalui materi iklan, termasuk strategi telemarketing. Telemarketing adalah salah satu cara mempromosikan produk atau layanan oleh Pelaku Bisnis. Telemarketing harus mampu menarik pelanggan yang ditarget dan potensial dengan melihat informasi pelanggan tersebut yang tersimpan di database. Karena database pelanggan sangat besar, tidak mungkin menemukan pola prediksi untuk calon pelanggan atau pelanggan tetap yang tertarik dengan program promosi produk konvensional. Atas dasar ini, pengelolaan data dalam jumlah yang sangat besar dapat diatasi dengan menggunakan data mining. Ini adalah proses berulang dan interaktif untuk mengidentifikasi pola atau model baru yang sempurna, berguna, dan dapat dipahami dalam database yang sangat besar. Data Mining melibatkan menemukan pola tren yang diinginkan dalam database besar sehingga keputusan di masa depan dapat dibuat. Penggunaan data mining diharapkan dapat mengefektifkan proses prediksi data pelanggan oleh Telemarketing, sehingga dapat menawarkan produk kepada calon pelanggan atau pelanggan tetap yang tepat sasaran.
Berkas Lampiran
Unduh File