Clustering Siswa Berdasarkan Nilai Rapot Untuk Menentukan Kelompok Materi Pengayaan Ujian Nasional Dengan Menggunakan Metode K-Means
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
DWI UMMU FATIMAH ASH SHOLIHAH WIDIA / T3116312
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Kata Kunci:
K-Means, Clustering, Siswa, Materi Pengayaan
Abstrak:
Pelaksanaan pengayaan materi sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional. Pengayaan materi di SMP Negeri 2 Kwandang diberikan secara merata pada seluruh siswa kelas IX berdasarkan kelas. Hal ini berdampak pada kurang efektifnya belajar terhadap mata pelajaran yang kurang dikuasai siswa. Metode komputasi yang mampu untuk menyelesaikan sistem pembagian kelompok ini adalah Algoritma K-Means. Algoritma K-Means merupakan algoritma clustering yang mengelompokkan data berdasarkan titik pusat klaster(centroid) terdekat dengan data.. Variabel yang akan digunakan dalam perhitungan algoritma K-Means adalah nilai rapot mata pelajaran pengayaan ujian nasional siswa kelas IX dari semester 1 hingga semester 5. Sehingga didapat output berupa C1, C2, C3, C4 dan C5 yaitu nilai rapot sangat tinggi, tinggi, cukup, kurang dan kurang sekali.