STRATEGI KOMUNIKASI WORD OF MOUTH DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA JAHIT NUSA INDAH
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
ENJANG SRI RAHAYU / S2219014
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
Strategi komunikasi, word of mouth marketing, eksistensi, usaha jahit
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi Word Of Mouth yang digunakan oleh usah jahit Nusa Indah untuk mempertahankan eksistensinya . Usaha jahit Nusa Indah sejak awal berdirinya mengandalkan strategi Organic Word Of Mouth untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian komunikasi menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan pelanggan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Ida ayu, Putu Ngurah, dan Ni Luh Putu Indiani. Hasil penelitian ini menunjukkan elemen strategi pemasaran Word Of Mouth meliputi talking, promoting, dan selling. Ketiga elemen tersebut saling berhubungan dan bersumber dari orang terdekat dalam memberi maupun menerima informasi. Proses komunikasi pemasaran dimulai dari pemilik, konsumen satu ke konsumen lainnya dan terus menyebar melalui Word Of Mouth.