SKRIPSI

File Icon

PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI GRAND Q HOTEL KOTA GORONTALO

Tanggal Upload: 01/06/2025

Penulis / NIM:
I GEDE GIRI PUTRAWAN / E2118033

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
pelayanan prima, fasilitas, kepuasan pelanggan

Abstrak:

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan prima dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.Metode analisispenelitiandigunakan pada penelitian adalah analisis jalur atau path analysis.Berdasarkan hasil penelitian bahwa Nilai koefisien determinasi (R Square)sebesar 0,703(70,3%).Hipotesis pertama bahwa Pelayanan prima(X1)danfasilitas(X2)secara simultanberpengaruh signifikan terhadap kepuasan Pelanggan(Y).Hasil perolehan untuk uji F-hitungtelah menunjukkan hasildengannilai114,583sedangkan F-tabelsebesar 3,089dan probability sig0,000 < probability α= 0,05.Hipotesis kedua pelayanan prima(X1)terhadap kepuasan pelanggan(Y)berpengaruh signifikan. Nilai probability alpha (α) (0,000< 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (8,561> 1,984).Hipotesis ketiga fasilitas(X2)berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan(Y).Nilai probability alpha (α)(0,000< 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4,066> 1,984). Penelitian ini menyimpulkanbahwa pelayanan prima yang menjadi strategi perusahaan telah mampumeningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan sekaligus dapat meningkatkan pelayanan tersebut dengan didukung dengan fasilitas yang lebih dapat memberikan kenyamanan pelanggan.
Berkas Lampiran
Unduh File