PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI GRAND Q HOTEL KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
I GEDE GIRI PUTRAWAN / E2118033
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
pelayanan prima, fasilitas, kepuasan pelanggan
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan prima dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.Metode analisispenelitiandigunakan pada penelitian adalah analisis jalur atau path analysis.Berdasarkan hasil penelitian bahwa Nilai koefisien determinasi (R Square)sebesar 0,703(70,3%).Hipotesis pertama bahwa Pelayanan prima(X1)danfasilitas(X2)secara simultanberpengaruh signifikan terhadap kepuasan Pelanggan(Y).Hasil perolehan untuk uji F-hitungtelah menunjukkan hasildengannilai114,583sedangkan F-tabelsebesar 3,089dan probability sig0,000 < probability α= 0,05.Hipotesis kedua pelayanan prima(X1)terhadap kepuasan pelanggan(Y)berpengaruh signifikan. Nilai probability alpha (α) (0,000< 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (8,561> 1,984).Hipotesis ketiga fasilitas(X2)berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan(Y).Nilai probability alpha (α)(0,000< 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4,066> 1,984). Penelitian ini menyimpulkanbahwa pelayanan prima yang menjadi strategi perusahaan telah mampumeningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan sekaligus dapat meningkatkan pelayanan tersebut dengan didukung dengan fasilitas yang lebih dapat memberikan kenyamanan pelanggan.