PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP BRAND LOYALTY PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Kasus Di Kota Gorontalo)
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
ASRI AYINUN IBR. PUSI / E2116207
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Customer Engagement, Cognitive Attachment, Attitudinal Attachment, Behavioral Attachment, Brand Loyalty.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui sebeapa besar pengaruh Customer Engagement yang terdiri dari Sub Variabel Cognitive Attachment, Attitudinal Attachment , Behavioral Attachment Terhadap Brand Loyalty Pada Media Sosial TWITTER. Sampel penelitian berjumlah 110 Pengguna dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan Analisis jalur (Path Analysis) sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cognitive Attachment (X1),Attitudinal Attachment (X2), Dan Behavioral Attachment (X3) secara simultan Terhadap Brand Loyalty (Y) pada media sosial TWITTER sebesar 0,688 atau 68,8%, Cognitive Attachment (X1) secara parsial berpengaruh secara positif terhadap Brand Loyalty yaitu sebesar 0,327 atau 32,7%,Attitudinal Attachment (X2) secara parsial tidak signifikan terhadap Brand Loyaltyyaitu sebesar -0,076 atau -07,6% sehingga hipotesis yang diajukan tidak diterima, danBehavioral Attachment (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyalty yaitu sebesar 0,608 atau 60,8% Pada media sosial Twitter.