PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BAKIDA KECAMATAN HELUMO KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN PROVINSI SULAWESI UTARA
Tanggal Upload: 16/06/2025
Penulis / NIM:
WINTAN MAULUDU / E2121009
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kinerja Guru
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Kecerdasan Emosional (X1) dan Kecerdasan Intelektual (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) Di Sekolah Dasar Negeri 1 Bakida Kec. Helumo Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yangdigunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel Kecerdasan Emosional (X1) dan Kecerdasan Intelektual (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) Di Sekolah Dasar Negeri 1 Bakida Kec. Helumo Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, yaitu sebesar 0,825 atau82,5%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa variabel Kecerdasan Emosional (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) Di Sekolah Dasar Negeri 1 Bakida Kec. Helumo Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, yakni sebesar 0,434 atau 43,4%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel Kecerdasan Intelektual (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) Di Sekolah Dasar Negeri 1 Bakida Kec. Helumo Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, yakni sebesar 0,528 atau 52,8%.