SKRIPSI

File Icon

Implementasi Data Minning Untuk Pengelompokkan Data Penerima Siswa Baru Menggunakan K-Means. (Studi Kasus : Madrasah Aliyah Anggrek)

Tanggal Upload: 02/06/2025

Penulis / NIM:
ASNUN S. LAGARUSU / T3117236

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2021

Kata Kunci:
data mining, penerimaan siswa baru, K-means, clustering

Abstrak:

Penelitian ini bertujaun untuk mengelompokkan data penerimaan siswa baru serta memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dalam mengelola data siswa. Pengelompokkan data siswa baru untuk pemilihan kelas IPA dan IPS sangat penting bagi para siswa yang mendaftarkan diri disekolah menengah atas atau sederajat (SMA). Dalam pemilihan kelas ipa dan ips ini bertujuan agar siswa baru tidak salah dalam pemilihan kelas atau jurusan, dalam pemilihan kelas atau jurusan ini juga dapat membantu siswa agar kedepannya tidak mendapatkan nilai yang rendah akibat salah dalam pemilihan kelas. Metode komputasi yang mampu untuk menyelesaikan pembagian kelompok ini adalah Algoritma K-means. Algoritma K-means merupakan algoritma clustering yang dapat mengelompokkan data. Variabel yang diguakan dalam perhitungan Algoritma K-means adalah nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Ipa, dan Ips.
Berkas Lampiran
Unduh File