STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS DUHIADAA KECAMATAN DUHIADAA KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
MERSITIYANTI HADO / S2117145
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kualitas pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas Duhiadaa Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dari wawancara dan data sekunder dari observasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel yang ditargetkan, dimana informan secara sengaja dipilih atau ditargetkan secara langsung kepada orang-orang yang diyakini mewakili karakteristik populasi. Penggunaan teknik ini selalu memiliki pertimbangan tertentu, yaitu penelitian harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan tentang ciri-ciri tertentu yang diperoleh dari populasi sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sehubungan dengan strategi peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas Duhiadaa Kabupaten Pohuwato sebagai berikut: Untuk mencapai visi dan misi dari Puskesmas Duhiadaa dilakukan sosialisasi kepada semua pegawai dalam Lingkup puskesmas tersebut sehingga mutu pelayanan dapat tercapai. Fasilitas yang ada di Puskesmas Duhiadaa sudah cukup. Dengan fasilitas yang mencukupi maka para pegawai puskesmas dapat bekerja dengan baik. Para pegawai Puskesmas Duhiadaa selalu ramah, sopan dan murah senyum dalam memberi pelayanan, informasi yang diberikan kepada pasien selalu jelas (pelayanan prima)