ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BUTIK LAPAK LINDA RANDANGAN KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
RENI TRI SUSANTI / E2119106
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) dan volume penjualan
Abstrak:
Skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya persaingan antar pengusaha khususnya pedagang dalam memikat konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dan salah satu caranya adalah dengan cara menerapkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran ini harus dilakukan secara efektif sehingga penjualan dapat meningkat. Kegiatann pemasaran pada umumnya memfokuskan diri pada produk, penetepan harga, kebijakan distribusi,dan cara promosi dalam hal ini biasa dikenal sebagai bauran pemasaran.
Fokus dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pemasaran pada Butik Lapak Linda Randangan, (2)untuk mengetahui strategi yang paling efektif dilakukan Butik Lapak Linda dalam meningkatkan hasil penjualan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diproleh dari pemilik dan karyawan Butik Lapak Linda Randangan. Data sekunder yang digunakan berupa buku-buku referensi yang telah ada.Metode pengumpulan data adalah wawancara, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan adalah memilih pasar, produk,distribusi dan promosi, (2) strategi pemasaran yang paling efektif dilakukan yaitu promosi, promosi yang dilakukan media sosial.