SKRIPSI

File Icon

GAME EDUKASI MENYUSUN NAMA HEWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Tanggal Upload: 28/08/2024

Penulis / NIM:
IFTAHUL FARHAN PONTOH / T3120018

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2024

Kata Kunci:

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi yang dapat memberikan alternatif pembelajaran dan pengetahuan lebih tentang hewan-hewan beserta jenisnya. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya minat dan pemahaman anak-anak terhadap materi pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan tidak interaktif, yang sering mengakibatkan penurunan motivasi belajar baik di rumah maupun di sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan sebuah aplikasi game edukasi menggunakan software Construct 2. Tahapan penelitian meliputi pengujian sistem, pengembangan, konstruksi, desain, dan analisis. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Kabila dengan melibatkan 30 siswa sebagai responden. Penilaian terhadap game dilakukan melalui kuesioner yang dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menilai kelayakan aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi bebas dari kesalahan komponen berdasarkan pengujian Black Box, dan diterima dengan baik oleh pengguna berdasarkan pengujian User Acceptance dengan menghasilkan total nilai 86,4% yang dapat dikategorikan sangat baik . Namun, sistem random yang digunakan untuk menggenerasikan soal menyebabkan beberapa soal muncul kembali, yang dapat mengurangi variasi dan efektivitas pembelajaran. Perbaikan pada sistem ini diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.Dengan demikian, pengembangan aplikasi game edukasi ini dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak dalam belajar, sambil memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif.
Berkas Lampiran
Unduh File