PERAN HUMAS PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA PERSERO CABANG GORONTALO DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA LEMBAGA
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
RIRIN MOHA / S2215036
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
Peran, Humas, Citra
Abstrak:
Salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam perkembangan sebuah organisasi adalah komunikasi. Sebab komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia dan tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas manusia sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Peran Humas PT. PLN Persero Cabang Gorontalo Dalam Mempertahankan Citra Lembaga. Penelitian ini dilakukan di Kantor PT. Perusahaan Listrik Negara Persero Cabang Gorontalo Provinsi Gorontalo.Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian diperoleh secara sengaja ( purposive ). Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam dengan para informan, serta kajian dokumen dan literatur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion/drawing verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Humas PT. PLN Persero Cabang Gorontalo adalah sebagai penasehat ahli di dalam memberikan saran dan masukan kepada pihak manajemen, sebagai fasilitator komunikasi utamanya mediator atau penghubung diantara pihak manajemen perusahaan dan publik, sebagai fasilitator proses pemecahan masalah dalam mengatasi persoalan-persoalan atau krisis lembaga, Sebagai teknisi komunikasi dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat publikasi.