PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP EKUITAS MEREK PADA RUMAH KARAWO GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
MIRAJ ALKAUZAR / E2120050
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Promosi Penjualan, Media Sosial, Publishing, Ekuitas Merek
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi
pemasaran meliputi promosi penjualan (X1), media sosial (X2), dan publishing (X3)
terhadap ekuitas merek (Y) pada Rumah Karawo Gorontalo. Pengumpulan data
pokok yaitu melalui daftar pernyataan/pertanyaan yang diuji melalui uji validitas dan
uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path
Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel promosi penjualan
(X1), media sosial (X2), dan publishing (X3) secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap terhadap ekuitas merek (Y) pada Rumah Karawo Gorontalo, yaitu
sebesar 0,740 atau 74%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa promosi
penjualan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas
merek (Y) pada Rumah Karawo Gorontalo, yakni sebesar 0.440 atau 44%. Hasil
pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel media sosial (X2) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap ekuitas merek (Y) pada Rumah
Karawo Gorontalo, yakni sebesar 0.520 atau 52%. Hasil pengujian keempat
menunjukkan bahwa variabel publishing (X3) secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap ekuitas merek (Y) pada Rumah Karawo Gorontalo, yakni sebesar
0.370 atau 37%.