PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH BIDANG PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR CATATAN SIPIL BONE BOLANGO
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
FEBY FAUZI MAKU / S2118001
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kebijakan pemerintah, bidang pelayanan, pelayanan masyarakat, kualitas pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kebijakan pemerintah bidang pelayanan (variable X) terhadap kualitas pelayanan masyarakat (variable Y) di Kantor Catatan Sipil Bone Bolango. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah bidang pelayanan (variabel X) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan masyarakat (variabel Y) di Kantor Catatan Sipil Bone Bolango sebesar 0,709 atau 70,9%, dan sisanya sebesar 0,291 (29,1%) berasal dari variabel lain di luar penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah bidang pelayanan memberikan dampak positip terhadap kualitas pelayanan masyarakat, namun masih terdapat unsur yang masthuperlu diperbaiki, seperti tingkat kemampuan dan keterampilan aparatur secara teknis operasional dan kecepatan dan daya tanggap terhadap segala masalah dadan keluhan. masyarakat terkait kualitas pelayanan publik yang mereka terima.