KLASIFIKASI KEPUASAN SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES
Tanggal Upload: 03/09/2024
Penulis / NIM:
YULIANTI ARIFIN / T3119022
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah proses menyampaikan pesan atau informasi yang disampaikan oleh tenaga pengajar atau pendidik (guru) kepada pihak yang diajar atau terdidik (murid). Dalam Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM, penggunaan media dalam kegiatan penyampaian informasi dari pendidik/guru kepada terdidik/murid disebut sebagai media pendidikan, juga dapat dikatakan sebagai alat bantu proses KBM. SMP Negeri 6 Bukal merupakan Sekolah terkecil dimana saat ini memiliki tenaga pendidik sebanyak 8 orang, Siswa yang terdaftar sebanyak 69 siswa dengan jumlah kelas tersedia sebanyak 3 kelas. Teknik mining yang dimaksud oleh peneliti adalah dengan penggunaan metode naive bayes. Yaitu memprediksi tingkat pemahaman siswa terhadap proses pembelajaran berdasarkan posisi duduk dengan menggunakan Algoritma naive bayes, dari hasil tingkat kepuasan siswa dapat memberikan masukan serta memperbaiki dalam pembelajaran yang diberikan kepada siswa dalam menerima materi. Adapun variabel yang digunakan penulis yang pertama mata pelajaran, metode pembelajaran, sikap guru, dan media pembelajaran. Naive Bayes adalah sebuah Pengklasifikasi probabilistik sederhana yang menentukan sekumpulan probabilitas dengan menjumlahkan frekuensi kombinasi nilai yang berbeda dari kumpulan data yang diberikan. Bahasa Pemrograman yang digunakan adalah PHP MySQL bahasa pemrograman dinamis yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi pada berbagai dominan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada Sekolah SMP Negeri 6 Bukal Kabupaten Buol, dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa : Sistem klasifikasi kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan metode naive bayes dapat digunakan, sehingga membantu dan memudahkan siswa dan guru dalam mengetahui tingkat kepuasan siswa mengenai proses pembelajaran.