ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA ULOBUA KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
AFANDI PAKAYA / P2215034
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
efisiensi, pemasaran, jagung
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran jagung yang ada di Desa Ulobua Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, (2) untuk mengetahui besar marjin pemasran jagung di Desa Ulobua Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, dan (3) untuk mengetahui besar efisiensi pemasaran jagung di Desa Ulobua Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel petani jagung sebanyak 84 orang, sampel pedagang pengumpul desa sabanyak 3 orang, dan sampel pedagang pengumpul kecamatan sebanyak 3 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa saluran pemasaran jagung di Desa Ulobua Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, yaitu petani jagung menjual ke padagang pengumpul desa, kemudian padagang pengumpul desa menjual ke pedagang pengumpul kecamatan, selanjutnya dari pedagang pengumpul kecamatan menjual ke eksportir. Pada saluran pemasaran besaran harga yang diterima oleh petani adalah Rp 3.833/kg, kemudian margin pemasaran adalah sebesar Rp 6.167. Saluran pemasaran jagung di Desa Ulobua yang digunakan lembaga pemasaran belum efisien karena besarnya persentase kurang dari 50 persen, yakni efisiensi pemasaran jagung di Desa Ulobua sebesar 38.33 persen.