PENGARUH BAURAN PEMASARANTERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KIOS ORMASKECAMATAN MARISA KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
NURHAYATI A. GIASI / E2119157
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
bauran pemasaran, produk, harga, tempat, promosi, kepuasankonsumen
Abstrak:
arketing mix merupakan sebuah kombinasi beupa produk, harga, tempat atausaluran distribusi dan promosi dari aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dalammempengaruhi permintaan konsumen atas produknya. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui bauran pemasaran pengaruhnya terhadap kepuasankonsumen. Dengan melakukan tarikan sampel sehingga diperoleh 50 orangresponden yang terlibat untuk memberikan tanggapannya pada kusioner yang telahdiedar, penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa secara parsial produk nilai thitung sebesar 2,338. >nilai ttabel 2,014 dan nilai signifikansi sebesar 0,034 < 0,05, harga dengan nilai thitungsebesar 2,344 > nilai ttabel 2,014, dan nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05, tempatdengan nilai thitung sebesar 2,510 > nilai ttabel 2,014 dan nilai signifikansi sebesar0,037 < 0,05, promosi dengan nilai thitung sebesar 2,295 > nilai ttabel 2,014, secarasimultan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (4,601 > 4,453) dengan probabilitasterjadinya kesalahan Fhitung lebih kecil dari taraf kesalahan (α) yang ditetapkan yaitu0,003 < 0,05. Dengan demikian secara parsial maupun secara simultan produk,harga, tempat, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasankonsumen (Y) pada Kios Ormas Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.