PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA IKM (IKATAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT) PUTRI KELURAHAN PADEBUOLO KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
RAHMAN ALI / E2116115
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Orientasi Pada Pesaing, Orientasi Pada Konsumen, Koordinasi Antar- Fungsi dan Kualitas Layanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pasar
yang terdiri dari Orientasi Pada Pesaing (X1), Orientasi Pada Konsumen (X2) dan Orientasi Koordinasi Antar-Fungsi (X3) terhadap Kualitas Layanan (Y) pada Ikatan Kewirausahaan Masyarakat Kelurahan Padebuolo Kota Gorontalo. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sampel acak sederhana. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analysis yang digunakan yaitu teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar yang terdiri dari Orientasi Pada Pesaing (X1), Orientasi Pada Konsumen (X2) dan Koordinasi Antar--Fungsi (X3) secara simultan berpengaruh terhadap Kualitas Layanan (Y) sebesar 0.620 atau 62%. Terdapat faktor luar yang tidak termasuk dalam model penelitian sebesar 0,237. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa orientasi pasar berupa Orientasi Pada Pesaing (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Kualitas Layanan (Y) sebesar 0.244 (24,4%). Orientasi Pasar berupa Orientasi Pada Konsumen (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Kualitas Layanan (Y) sebesar 0,336 (336%). Orientasi pasar berupa Koordinasi Antarfungsi (X3) secara parsial berpengaruh terhadap Kualitas Layanan (Y) sebesar 0.361 (36,1%).