RANCANG BANGUN PROTOTYPE PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERDASARKAN WAKTU DAN KELEMBABAN TANAH BERBASIS ARDUINO UNO
Tanggal Upload: 29/08/2024
Penulis / NIM:
RISKY RANDA POSUMAH / T3115026
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Ada banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya produktifitas pertaniaan di Bolaang Mongondow Utara, salah satunya adalah sistem penyiraman yg dilakukan secara manual. Selain membutuhkan tenaga dan waktu yang yang lebih, asupan air untuk tanaman juga kadang tidak tercukupi dengan baik. Prototype yang dapat melakukan penyiraman tanaman secara otomatis ini dibuat untuk membantu para petani yang ada di bolaang mongondow utara untuk mengelolah lahan pertanian tanpa harus melakukan penyiraman manual. Cara kerja alat ini yaitu dengan menggunakan sensor kelembaban tanah sebagai komponen yang mengambil data kelembaban dan Arduiono sebagai otak pergerakan alat. Data yang di hasilkan oleh sensor kelembaban akan di kirim ke arduino dan akan di olah, kemudian arduino akan memberikan perintah ke relay untuk menghidupkan/mematikan penyiraman sesuai kebutuhan tanah. Hasil pengujian dan implementasi dilapangan menunjukan bahwa prototype penyiram tanaman otomatis ini dapat bekerja sesuai tujuan dan fungsinya.