KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT PATILANGGIO KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
MARSYAWATI BAU / S2116117
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan publik, Kepuasan, Kinerja Aparat.
Abstrak:
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik di kantor camat antara lain, penerimaan pegawai kepada masyarakat sering tidak memuaskan, keterlabantan dalam proses pelayanan terutama pengurusan surat keterangan pengantar KTP, kurang simpatinya masyarakat terhadap cara pegawai menerima pelanggan. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul kualitas pelayanan publik pada kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato? Tujuan Penelitian adalah untuk mentgetahui gambaran tentang kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Sedangkan manfaat dalam penelitian ini adalah sebagai pengembangan ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya dalam layanan pemerintahan, dan menjadi bahan masukan dan koreksi bagi pemerintah khususnya pemerintah kecamatan patialnggio dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan di Kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato.,
Kualitas Pelayanan Publik adalah merupakan totalitas dari karakteristiksuatu roduk yang menunjang kemampuan dalam memenuhi kebutuhan . Kualitas pelayanan publik dapat diketahui dengan cara memabndingka persepsi para pelanggan (masyarakat) ata pelayanan yang sesungguhnya mereka inginkan. Pelayanan Publik dapat diartikan sebagai pemeberian layanan (melayani) keperluan orang atu masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Terdapat lima pendekatan yang digunakan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu : 1), Tangible, 2) Reliability, 3) responsiviness 4). Assurance, 5) Empathy. (Parasuraman,et,al 2016:222)
Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan sumber data sekunder dan primer, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori Milles M.B dan Huberman.(2014)
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari dimennsi – dimensi yang digunakan dalam melihat kualitas pelayanan di Kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato dapat dibambarkan bahwa dari dimensi-simensi ini semauanya telah dilaksnakattn dan jalankan oleh pegawai secara umum sudah baik, namun masih perlu ditingkatkan dari aspek pengetahun yang dimiliki pegawai dalam menggunakan alat komunikasi yakni secara spesifik kemampuan dalam mengoperasiakan alat tersebut masih perlu dilekaukan secara merata kepada pegawai agar tidak mengjadi penghambat dalam pelayanan ketika operator tidak berada di Kantor. Hal ini perlu dilakukan pemerintah Kecamatan Patilanggio dalam rangka pemenuhan kebutuhan serta kepuasan yang diterima oleh pelanggan dalam hal ini masysarakat (Publik).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik sudah baik namun masih perlu di tingkat sehingga dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat. Disarankan pula pemerintah Kecamatan Patilanggio harus memberikan kesempatan kepada pegawai secara keselurhan agar dapat memahami dan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan alat bantu komunikasi melalui camera yang digunkan dalam pelayanan KTP. Pememrintah mendorong pegawai mengikuti pendidikan dan pelatihan agar lebih mudah memahami pemanfaatan sarana dan prasarana penting yang ada Di Kantor Camat Patilanggio Kabupaten Pohuwato.