SKRIPSI

File Icon

Implementasi Data Minning Pada Pengelompokkan Murid Taman Kanak-kanak dengan Metode K-Means (Studi Kasus : TK. Aisyiyah Bustanul Athafal VII)

Tanggal Upload: 31/08/2021

Penulis / NIM:
CUSDENFRIYANTO A. LASIDO / T3113089

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2019

Kata Kunci:

Abstrak:

Taman Kanak Kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal VII merupakan yayasan Muhammadiyah yang berada di Kota Gorontalo. Permasalahan yang terjadi pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII adalah masih sulit dalam melakukan pengelompokkan kelas, hal ini dikarenakan metode yang digunakan yaitu metode pengelompokan dengan berdasarkan usia yang belum efektif. Dengan demikian diperlukan sebuah pengelompokan kelas dengan teknik datamining mengunakan algoritma K-Means. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk membangun metode dalam pengelompokan kelas menggunakan algoritma K-Means, dan Untuk mengimplementasikan algoritma K-Means dalam pengelompokan kelas pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII. Hasil dari Penelitian ini adalah Dengan Metode K-Means yang diuji kinerjanya dengan metode WhiteBox Testing menghasilkan V(G) = CC = 6, sehinggga dinyatakan bahwa sistem ini telah memenuhi syarat logika pemrograman dan tidak kompleks. Sedangkan dengan pengujian BlackBox menyatakan bahwa sistem telah bebas dari berbagai kesalahan komponen komponennya.
Berkas Lampiran
Unduh File