PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE APRIORI PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PARTS MOBIL HINO
Tanggal Upload: 03/09/2024
Penulis / NIM:
YUDHA HARRY PRASETYO / T3119111
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Sampai saat ini para produsen kendaraan niaga terus melakukan inovasi terhadap produknya. Salah satunya PT. Nenggapratama Prima Nusantara yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa yaitu penjualan kendaraan merk HINO, jasa service jual beli suku cadang yang bekerja sama langsung dengan PT. Hino Motors Indonesia. Permintaan yang tinggi dan beragamnya jenis spare parts tentunya membuat PT. Nenggapratama Prima Nusantara harus memaksimalkan stok yang ada agar tidak terjadi penumpukan maupun kekosongan barang. Penting untuk mengetahui perilaku pembelian pelanggan, suku cadang mana yang mereka beli bersama. Pengolahan data yang dapat digunakan untuk masalah tersebut salah satunya adalah data mining dengan analisis asosiasi menggunakan algoritma apriori. Salah satu teknik data mining ini menghasilkan aturan untuk menentukan kebiasaan konsumen dalam membeli barang secara bersamaan dalam satu waktu. Dari hasil penelitian menggunakan metode Apriori diperoleh nilai (Support x Confidence) terbesar yaitu: 0,33. Kemungkinan terbesar jika membeli Fuel Strainer Kit Dutro E-4 maka akan membeli juga Element Sub Assy Oil dengan Nilai 0.33. Maka dari itu dapat diketahui spare parts yg berkaitan dapat diatur secara bersamaan.