PENGARUH TIPE KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GORONTALO UTARA
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
FAIZAL A. NUSI / S2120054
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Tipe Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: 1) pengaruh tipekepemimpinan baik dari tipe otokratis (X1), tipe militeristis (X2), tipe paternalistis(X3) tipe kharismatis (X4), dan tipe demokrasi (X5) secara simultanterhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KabupatenGorontalo Utara, 2) pengaruh tipe kepemimpinan otokratis (X1) secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara, 3) pengaruh tipe kepemimpinan militeristis(X2) secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara; 4) pengaruh tipe kepemimpinanPaternalistis (X3) secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik di DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara; 5) pengaruh tipekepemimpinan kharismatis (X4) secara parsial terhadap kualitas pelayanan publikdi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara; 6)pengaruh tipe kepemimpinan demokratis (X5) secara parsial terhadap kualitaspelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KabupatenGorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganmetode survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 orang. Metodeanalisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Tipe Kepemimpinan yang berupa Tipe Otokratis (X1), Tipe Paternalistis (X2), TipeMiliteristis (X3), Tipe Kharismatis (X4), dan Tipe Demokratis (X5) berpengaruhsecara simultan terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y) sebesar 61,6%, sedangkan38,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 2) Tipe Kepemimpinan yangberupa Tipe Otokratis (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Kualitas PelayananPublik (Y) sebesar 58,4%. 3) Tipe Kepemimpinan yang berupa Tipe Paternalistis(X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y) sebesar57,9%. 4) Tipe Kepemimpinan yang berupa Tipe Militeristis (X3) berpengaruhsecara parsial terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y) sebesar 58,4 %. 5) TipeKepemimpinan yang berupa Tipe Kharismatis (X4) berpengaruh secara parsialterhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y) sebesar 47,6 %; 6) Tipe Kepemimpinanyang berupa Tipe Demokratis (X5) berpengaruh secara parsial terhadap KualitasPelayanan Publik (Y) sebesar 57,0 %.