PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENENTUKAN CALON CUSTOMER KREDIT POTENSIAL PADA DEALER HONDA NENGGA MOBILINDO
Tanggal Upload: 28/08/2024
Penulis / NIM:
BAHRUDIN DJIBRAN / T3112151
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Setiap perusahaan tidak terlepas dari aspek pelanggan (customer). Mereka adalah faktor utama keberhasilan bisnis dari sebuah perusahaan. Hal inilah yang melatarbelakangi setiap perusahaan untuk merencanakan dan menggunakan strategi yang jelas dalam memperlakukan pelanggannya. Sekarang ini, tumpuan perusahaan untuk tetap mampu bertahan hidup adalah pelanggan-pelanggan loyal. Maka dari itulah, perusahaan dituntut untuk mampu memupuk keunggulan kompetitifnya masing-masing melalui upaya-upaya yang kreatif, inovatif serta efisien, sehingga menjadi pilihan dari banyak pelanggan yang nantinya diharapkan memiliki sifat loyal.
Loyalitas pelanggan memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, hal ini menjadi alasan utama bagi setiap perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Usaha memperoleh pelanggan yang loyal tidak bisa dilakukan sekaligus, tetapi melalui beberapa tahapan, mulai dari mencari pelanggan potensial sampai memperoleh partner kerja. Mempunyai pelanggan loyal merupakan tujuan akhir dari semua perusahaan. Tetapi kebanyakan perusahaan tidak mengetahui bahwa loyalitas pelanggan dapat dibentuk melalui beberapa tahapan, mulai dari mencari calon customer potensial sampai dengan pengusulan customer yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan. Pelanggan potensial merupakan orang yang berpotensi besar untuk dijadikan