ANALISIS SENTIMEN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MEDIA YOUTUBE MENGGUNAKAN NAIVE BAYES
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
NAZMIA DJIBU / T3116001
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Pembelajran online yang dianggap sebagai strategi kemudian menjadi kontroversi karena perbedaan infrastruktur dan kualitas koneksi. komentar masyarakat karena perubahan mendadak dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online yang ada di Indonesia ini diambil dari salah satu video yang ada dichannel youtube. Penggunaan media sosial media atau internet tidak hanya berdampak pada satu orang saja tapi banyak orang. Youtube merupakan salah satu media sosial yang sangat berpengaruh dan mempunyai sumber data yang berisi video yang penyediannya banyak informasi yang sangat membantu. Informasi yang ada didalam channel youtube adalah berupa video, opini serta pendapat tertulis dalam komentar yang berupa teks. Penelitian ini dilakukan dengan analisis sentimen menggunakan Naive Bayes dan pembobotan menggunakan Term Frequency-Invers dari data komentar masyarakat sehingga hasilnya bisa dibaca. Hasil dari komentar masyarakat tentang pembelajaran online dari 2516 data terdapat 191 sentiment positif, 47 sentiment negatif dan 2278 sentiment netral. Hasil yang didapatkan dari akurasi Naive Bayes memperoleh ketepatan 55%.