ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BONE BOLANGO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
MERYATI KOHIYO / S2116032
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Analisis, Pelayanan Publik
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Bolango. Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulisadalah jenis penelitian kualitatif dengan prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelayanan publik untuk mencapai kepuasan pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Bolango berdasarkan konsep pendekatan sikap pengunjung perpustakaan yang ingin meminjam koleksi buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Bolango terlebih dahulu wajib mendaftar menjadi anggota perpustakaan. Untuk produk pelayanan masih jauh minim dengan harapan masyarakat dikarenakan jumlah koleksi buku yang masih kurang dan lokasi perpustakaan yang kurang strategis. Kecepatan dan ketepatan pelayanan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Bolango dapat dilaksanakan berdasarkan prosedur yang berlaku, Adapun ketepatan pelayanan memberikan pelayanan sesuai kebutuhan dan sesuai permintaan.Etika pelayanan publik oleh pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Bolango selalu memperhatikan penampilan, kesopanan dan keramahtamahan pelayanan guna mencapai kepuasan pengunjung. Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan. Pegawai atau petugas melayani setiap pengunjung dengan sapa, senyum dan ramah.