PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SATUAN ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KABUPATEN GORONTALO UTARA
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
INDRIYANI R. POTALE / S2116132
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Budaya Organisasi, Kinerja Pelayanan Publik
Abstrak:
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan analisis data path analysis. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh secara simultan antara variabel budaya organisasi berupa elemen elemen yang bersifat idealistik (X1) dan elemen yang bersifat behavioral (X2) terhadap kinerja pelayanan pada kantor Samsat Kabupaten Gorontalo Utara. Pengaruh antara budaya organisasi berupa elemen bersifat idealistik (X1) dan elemen bersifat behavioral (X2) terhadap pelayanan publik di Kantor Samsat Kabupaten Gorontalo Utara Sebesar 78,1%, terdapat pengaruh antara budaya organisasi berupa elemen bersifat idealistik (X1) terhadap kinerja pelayanan publik (Y) di Kantor Samsat Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 96,6%. Dan tidak terdapat pengaruh antara variabel budaya organisasi berupa elemen bersifat behavioral (X2) terhadap kinerja pelayanan publik (Y) di Kantor Samsat Kabupaten Gorontalo Utara.