SKRIPSI

File Icon

PENGARUH PROFESIONALISME PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN GORONTALO UTARA.

Tanggal Upload: 31/05/2025

Penulis / NIM:
NUR FAUZIA ALI / S2119050

Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
Profesionalisme pegawai, dan Kualitas Pelayanan Publik.

Abstrak:

Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan kata-kata atau kalimat dan gambar serta angka-angka dengan memakai sampel dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 41 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji korelasi, dan regresi sederhana penelitian. Hasil penelitian dilapangan ditemukan Pengujuian kuesioner tentang instrumen Profesionalisme Pegawai (X) dan Kualitas Pelayanan Publik (Y) dinyatakan Valid dan dapat dilanjutkan untuk pengujian Reliabitas data. Hasil uji Reabilitas datang yang dihasilkan masing-masing variabel antara Profesionalisme Pegawai (X) dengan nilai alpha cronbach 0,603>0,207 (r-tabel) sedangkan Kualitas Pelayanan Publik (Y) nilai cronbach alpha 0,563>0,207 (r-tabel) dapat disimpulkan bahwa instrumen kedua variabel ini dinyatakan reliabel sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini. Hubungan korelasi didapatkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara Kualitas Profesionalisme Pegawai (X) dan Kualitas Pelayanan Publik (Y)dengan nilai r=0,309 ; P<0,001 karena r hitung atau pearson correlation dalam analisis ini bernilai positif artinya bahwa semakin tinggi Profesionalisme Pegawai (X) maka semakin tinggi pula Kualitas Pelayanan Publik (Y). Hasil analisis regresi menunjukkan Profesionalisme Pegawai (X) dengan nilai signifikansi 0,003<0,005 maka disimpulkan bahwa komitmen organisasi (X) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y) (H1 diterima). Hasil nilai memiliki arti bahwa sumbangan variabel Profesionalisme Pegawai (X) terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y) sebesar 39,5% sedangkan sisanya 61 % dipengaruhi oleh faktor-fator lainya yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Berkas Lampiran
Unduh File