PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1TINANGKUNG KABUPATENBANGGAI KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI TENGAH
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
MUHAMMAD NUR GAZALI / E2118034
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kinerja Guru
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Kecerdasan
Emosional (X1) dan Kecerdasan Intelektual (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) Di
SMK Negeri 1 Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi
Tengah. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji
melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah
metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan
bahwa variabel Kecerdasan Emosional (X1) dan Kecerdasan Intelektual (X2)
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) Di
SMK Negeri 1 Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi
Tengah, yaitu sebesar 0,618 atau 61,8%. Hasil pengujian hipotesis kedua
menunjukan bahwa variabel Kecerdasan Emosional (X1) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) Di SMK Negeri 1
Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah, yakni
sebesar 0.434 atau 43,4%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel
Kecerdasan Intelektual (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru (Y) Di SMK Negeri 1 Tinangkung, Kabupaten Banggai
Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah, yakni sebesar 0.528 atau 52,8%.